Halaman

Senin, 13 Mei 2013

evolusi komputer



Perkembangan computer dari masa ke masa
Alat Hitung Tradisional & Kakulator Mekanik






Penemuan alat hitung tradisional diawali pada 4000 tahun  SM dengan ditemukan alat yang digunakan untuk proses perhitungan.Alat ini memungkinkan pengunanya melakukan proses penghitungan dengan mengeser  biji-biji an yang telah disusun pada alat tersebut,dan digerakkan secara mekanik (manual dengan tangan).


Komputer Generasi Pertama (1943-1956).


Perkembangan komputer generasi pertama ini sangat dipengaruhi oleh terjadi perang Dunia ke-2 yang terjadi, sehingga negara-negara yang ikut  dalam  perang tersebut mencoba untuk mengembangkan potensi dan strategis yang dimiliki komputer,hal ini dilakukan guna mendukung aktivitas militer pada saat itu.Dengan inilah maka pendanaan untuk perkembangan komputer gencar dilakukan .

Perkembangan  teknik komputer Generasi pertama

Perkembangan teknik Komputer generasi pertama digambar dengan Alur sebagai berikut:
1. Colassus.         
2. Mark I. 
3. ENIAC.
4. EDVAC.
5 .UNIVAC I.

Ciri komputer Generasi ke-1

      Pengunaan TUBE VAKUM (yang menyebabkan komputer pada masa itu berukuran Sangat besar).
      Adanya Silinder maknetik untuk menyimpan Data.
      Instruksi Operasi dibuat Spesifik untuk suatu tugas tertentu.
      Setiap instruksi memiliki program kodebiner yang berbeda yag biasa disebut dengan “Bahasa Mesin”.hal ini sangat berpengaruh dalam proses pemrograman  & membatasi kecepatan komputer itu sendiri.
      Drum magnetik sebagai media penyimpanan internal utama.
      Kapasitas penyimpanan utama 1000-4000 byte
      Problem panas dan pemeliharaan.
      Aplikasi:perhitugan sains,pemrosesan payroll,penyimpanan record.
      Waktu siklus :milidetik.

Komputer Generasi kedua (1957-1964)

STRETCH & LARC.

      Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah SUPERKOMPUTER. IBM membuat Superkomputer bernama STRETCH sedangkan SPREY RAND membuat superkomputer bernama LARC.
      Komputer-komputer pada masa itu dikembangkan untuk laboratorium Energi Atom,yang dapat  menangani sejumlah besar data,sebuah teknologi yang sangat berguna bagi para peneliti.mesin tesebut sangatlah kompleks & mahal sehingga kurang cocok untuk kebutuhan bisnis pada saat itu,oleh karena itulah mesin ini tidak terlalu populer pada  masa itu.Hanya ada 2 LARCH yg pernah dibuat dan dipasang yaitu Larch yang dipasang di Lawrence Radiation Labs di Livermore,California & LARCH yang dipasang di US Navy Research & Development Centre di Washington DC.Dan pada Awal tahun 1960-an muncul komputer generasi kedua yang sukses di bidang Bisnis,Universitas, dan  pemerintahan yang telah memiliki komponen pendukung  yang  dapat  diisolasikan,seperti komputer saat ini seperti Printer,Penyimpan data dalam disket dan Memory,Sistem operasi dan Program.

Ciri-ciri komputer generasi ke-2

      Mengunakan Bahasa Assembly (Bahasa yang mengunakan singkatan-singkatan untuk mengantikan kode biner) sebagaipenganti bahasa mesin.
      Mengunakan transistor sehingga ukuranya lebih kecil.
      Adanya penegembangan memori inti magnetik yang memabantu perkembangan komputer.
      Muncul bahasa pemrograman COBOL & FORTAN.
      Mempunyai kapisitas penyimpanan yang meningkat yaitu 4 K – 32 Kbyte.
      Peningkatan kecepatan dan kehandalan.
      Aplikasi :billing,pemrosesan gaji,pemutakhiran file inventori.
      Penurunan yang besar dalam panas dan ukuran.
      Kecepatan pemrosesan :1 juta instruksi per detik .

Komputer Generasi ketiga(1965-1971))


      Pada generasi ketiga ini komputer sudah mengunakan transistor dalam banyak hal Transistor memang lebih unggul dari pada Tube vakum,namun transistor menghasilkan panas yang lebih besar sehingga kemungkinan merusak perangkat dalam komputer lebih besar,namun hal itu dapat teratasi dengan ditemukannnya batu kuarsa (quartz rock).
      Pada tahun 1958 ada seorang insiyur dari Texas Instrument bernama  Jack kilby yang  mengembangkan teknologi sirkuit yang terintegrasi yang lebih dikenal dengan IC (integrated Circuit),yang mengabungkan 3 unsur komponen Elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.Tidak sebatas itu  saja pada komputer generasi ketiga ini para ilmuwan juga berhasil memasukkan banyak komponen kedalam chip tunggal yang disebut semikonduktor ,yang menghasilkan bentuk komputer yang semakin kecil karena komponen-komponen nya dipadatkan dalam suatu Chip.Selain itu pada komputer generasi ketiga ini telah ditemukan Operating Sistem yang memungkinkan komputer menjalakan program yang berbeda secara bersama-sama dengan satu sistem sebagai program yang memonitor dan mengkoordinir memori komputer.

Ciri-ciri komputer generasi ke-3
      Pengunaan komponen yang berupa IC (integrated Circuit).
      Ukuran komputer yang lebih kecil.
      Ditemukannya Operating System (Sistem Operasi).
      Magnetic coredan sbg penyimpanan data utama yang padat.
      Lebih fleksibel dengan I/O berorentasi disk.
      Aplikasi :reservasi perusahaan penerbangan,billing kartu kredit,peramalan pasar.
      Waktu siklus :nano detik.
      Kecepatan pemrosesan 10 mips.
      Pemrosesan jarak jauh melalui  jaringan telekomunikasi.

Komputer Generasi keempat (1972-1989)


      Pada tahun 1971 IBM mengeluarkan komputer System 370,dan juga terdapat beberapa komputer jenis lain yang dikembangkan oleh perusahaan lain pada saat itu.Komputer jenis ini telah digabungkan secara selektif dengan Memory  Semikonduktor,Sistem operasi Diagnosa Sendiri  serta pengunaan Teknologi penyimpanan Virtual yang menyebar dan lebih lanjut melalui sirkuit LSI.
      Komputer generasi keempat ini menawarkan fungsi yang lebih canggih dengan harga yang bersaing dengan komputer generasi ke-3.komputer generasi ke-empat ini berbentuk lebih kecil karena menerapkan teknologi mikrokomputer yang memasangkan sirkuit LSI dipasang pada sirkuit VLSI danVHSIC.Hal itu dilakukan  untuk kemudahan pengunaan dan Aplikasi.
      Sebenarnya titik awal perkrmbangan komputer generasi ke-4 adalah sejak dibuatnya Chip Intel 4004 pada tahun 1971  yang membawa kemajuan besar pada IC,dengan meletakkan seluruh bagian komputer yang meliputi central processing unit,memori,kendali input output dalam suatu chip kecil,hal itu terus berkembang dengan dibuatnya chip 8000 & 8080 yang dibuat pada tahun 1972 dan 1973 perkembangan yang sedemikian memungkinkan semua orang dapat memiliki dan  mengunakan komputer.Dan waktu yang sama juga berkembang Bahasa komputer sederhana yang disebut BASIC yang dikembangkan oleh John Kenemy & Thomas di Dartmout College.
      Pada sekitar tahun 1980-an dimulailah era Superkomputer yang mempunyai kemampuan memproses data dengan cepat terutama data yang mempunyai problem yang sangat kompleks dan memerlukan perhitungan yang intensif,untuk mendukung fungsi yang demikaan maka dirancang dan diproduksi sistem multi processor seperti UNIVAC 1100/80,Amdahl 570,Intel 8748,Fujitsu M 382,IBM 370/168 (1980) dll.

Ciri-ciri Komputer generasi ke-4
      Mengunakan large-scale integrated circuit.
      Peningkatan kapasitas penyimpanandan kecepatan.
      Peningkatan dalam rancangan modular dan kompatibilitas antara peralatan keras yang disediakan oleh pabrik yang berbeda.
      Tersedianya program yang canggih & Aplikasi-aplikasi khusus.
      Kecanggihan peralatan I/O yang meningkat.
      Penguaan minikomputer,mikroprocessor dan mikrokomputeryang ekstensif.
      Aplikasi:simulasi dan model matematika,transfer data elektronik,perancangan manufakturing &instruksi dengan bantuan komputer,komputer yang digunakan di rumah.
      Biaya 1/100 sampai 1 sen per operasi floating-point.
      Kecepatan pemrosesan:100 mips sampai 1 bips (milyar instruksi per detik)

Komputer  Generasi kelima


Mendefinisikan Perkembangan komputer generasi ini masih sangat sulit karena tahap ini masih sangat muda namun banyak fungsi yang dimiliki oleh komputer jenis ini telah terwujud antara lain komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan meniru nalar manusia atau menerjemahkan bahasa Asing.Banyak hal yang mungkin sesuai dengan perkembangan komputer generasi ke-5 sudah terwujud namun proses produksi dan pembuatan komputer generasi kelima ini masih memerlukan riset yang masih berjalan Hingga sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar